KPU JATIM GELAR RAKOR MONITORING/EVALUASI DAN PENYUSUNAN LPJ KEUANGAN BADAN ADHOC PEMILU 2019


Rabu, 14 Agustus 2019

   Tampak Ketua KPU Tuban; Fatkul Iksan, SH,MH (kedua dari kanan) saat acara pembukaan Rakor yang berlangsung mulai hari ini (14/08/2019).

Mojokerto, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban hadir dalam kegiatan Rapat Koordinasi Monitoring/Evaluasi dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Adhoc Pemilu 2019 yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur di Hotel Ayana Trawas Mojokerto, Rabu-Jum'at (14-16/08/2019). Kegiatan yang diperuntukkan kepada KPU kabupaten/kota se-Jawa Timur tersebut dihadiri oleh Ketua KPU, Sekretaris, Bendahara, serta Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), operator SIMAK dan SAIBA masing-masing KPU.

Ketua KPU Jatim (Choirul Anam) dalam pembuka sambutannya menerangkan maksud diadakannya kegiatan rakor ialah demi mewujudkan akuntabilitas laporan keuangan dan peningkatan kapasitas kelembagaan KPU. "Kami sengaja membuat acara ini karena untuk mewujudkan pelaporan keuangan pemilu di Jawa Timur yang akuntabel. Di samping itu kegiatan ini sekaligus untuk peningkatan kapasitas kelembagaan dan persiapan PDTT (Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu)," paparnya. Menurut Anam, hal yang tak kalah penting, bahwa melalui rakor ini KPU Jatim bermaksud membimbing 38 KPU kabupaten/kota di Jawa Timur agar bisa menyusun laporan dengan baik. Tujuan besar di balik harapnya, demi memperoleh penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) seperti waktu sebelumnya. "Jawa Timur tidak ingin menjadi beban bagi KPU RI dengan menyumbangkan permasalahan dalam laporan keuangannya. Untuk itu kami di provinsi juga terus berkomitmen ikut membina dan membimbing KPU kabupaten/kota dengan sebaik mungkin terkait laporan keuangan. Sehingga ke depan KPU bisa WTP lagi," tegasnya.

Ia juga tak lupa memberikan apresiasi kepada pengelola keuangan yang telah bekerja keras mengatur sirkulasi keuangan dengan baik sehingga KPU bisa sukses dalam menyelenggarakan Pemilu 2019. Ia mengibaratkan orang-orang tersebut adalah penyala dan penjaga tungku KPU. "Pengelola keuangan ini merupakan orang-orang yang luar biasa, yang kurang kelihatan karena kerjanya di belakang. Namun mereka ini yang terus menyalakan tungku untuk KPU. Maka, di acara ini nanti akan ada pemberian penghargaan kepada para pengelola keuangan berprestasi," tandasnya. Adapun Rakor yang dijadwal akan digelar selama tiga hari tersebut dihadiri oleh Komisioner KPU RI, Ilham Saputra, Sekjen KPU RI, Arif Rahman Hakim, dan Biro Keuangan KPU RI. (Hupmas)