KPU TUBAN MULAI MERANCANG DESAIN RUMAH PINTAR PEMILU (RPP)


Selasa, 31 Januari 2017

   Gambar alur tata ruang dan kunjungan Rumah Pinta Pemilu.

Tuban, Seiring dengan terbitnya Petunjuk Teknis yang tertuang dalam Surat Keputusan KPU Nomor 1/Kpts/KPU/TAHUN 2017 pelaksanaan program, kegiatan dan anggaran dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran bagi Komisi Pemilihan Umum Provinsi/Komisi Independen Pemilihan Aceh, dan Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilihan Kabupaten/Kota bagian anggaran 076 Tahun Anggaran 2017, kini KPU Tuban mulai ancang-ancang untuk mendesain RPP, karena target yang diberikan oleh KPU RI paling lambat RPP terbentuk pada akhir triwulan pertama tahun 2017 atau akhir bulan Maret 2017.

RPP merupakan konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan untuk melakukan seluruh program-aktivitas project edukasi masyarakat. Pada RPP inilah nanti berbagai program pendidikan pemilih dilakukan, dan pada sisi lain akan menjadi wadah bagi komunitas pegiat pemilu membangun gerakan.

Berbagai sarana untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi akan disediakan di RPP. Sehingga untuk memudahkan masyarakat, penyampaian tersebut dapat berupa audio visual, ruang pamer, ruang simulasi, dan ruang diskusi. Dan pada fungsi yang luas RPP dapat dikatakan semacam museum pemilu.

Dengan melihat betapa besar manfaat RPP inilah, KPU Tuban ingin menyajikan RPP yang memenuhi standar dan menarik. Karena konsep RPP itu menjadi penting untuk menjawab kebutuhan pemilih dan masyarakat umum akan hadirnya sebuah sarana untuk melakukan edukasi nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan.

Yayuk Dwi Agus Sulistiorini, divisi SDM dan Parmas sejak kemarin sudah mulai melihat-lihat RPP yang sudah jadi yang menjadi pilot projek tahun 2016, misalnya RPP KPU Provinsi Jatim, dan RPP KPU RI. "ya kita cari referensi untuk desain RPP, meskipun sudah ada buku pedoman pembentukan RPP, namun tetap perlu melihat yang sudah jadi, untuk bahan bandingan. "jelasnya.

Lebih lanjut Yayuk mengatakan bahwa RPP KPU Tuban akan diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan. "harapan kami bisa selesai lebih awal lebih baik, karena kita tahu bahwa manfaat RPP ini dapat membentuk generasi bangsa yang mampu menerjemahkan nilai demokrasi sesuai khittahnya. "pungkasnya. (Humas)