MAHASISWA PASCASARJANA UI TERTARIK LAKUKAN PENELITIAN PILKADA TUBAN 2006


Senin, 30 Januari 2017

   Komisioner KPU Tuban divisi SDM dan Parmas; Yayuk Dwi Agus, MH saat menerima mahasiswa Pascasarjana UI hari ini (30/01).

Tuban, Kenangan Pilkada Tuban tahun 2006 nampaknya tidak bisa hilang begitu saja dari ingatan masyarakat Tuban. Kejadian yang menorehkan sejarah di bumi wali ini banyak menarik simpati dari penjuru Indonesia, bahkan sebagian dari luar Negeri. Terbukti, Mokhamad Sodikin, mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Indonesia (UI) Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, ini sangat tertarik mengadakan penelitian untuk penulisan Tesisnya yang berjudul "Huru-Hara Demokratisasi Lokal Kerusuhan Pilkada Langsung Kabupaten Tuban Tahun 2006".

Siang ini Senin (30/1/2017) bertandang ke Kantor KPU Tuban dengan didampingi istri tercinta dan satu rekannya, mahasiswa asal Kecamatan Montong ini menyampaikan surat resmi yang bernomor 156/UN2.F7.DI.1/PDP.04.02/2017 tanggal 2 Januari 2017 perihal Permohonan mengadakan penelitian. Ditemui bu Yayuk Dwi Agus Sulistiorini, Divisi SDM dan Parmas, Dikin, demikian panggilan akrapnya menyampaikan maksud dan tujuannya datang ke Kantor KPU Tuban. Bahwa selain data-data yang sudah didapatkan dari website, dari kliping Koran dan dari kantor statistik, dia ingin mendapat informasi langsung dari KPU Tuban, dan ingin wawancara dengan saksi sejarah peristiwa 2006 yang cukup menggemparkan ini.

Beberapa data yang diperlukan antara lain tahapan Pilkada 2006, Hasil Pilkada, dan proses pencalonan, sangat dibutuhkan untuk melengkapi tulisannya. "kami mengerti mungkin sebagian data yang kami butuhkan sudah hangus terbakar, namun kami berharap masih ada dokumen yang dapat menunjang penelitian saya. "ujar Dikin bersemangat.

Lebih lanjut Dikin mengatakan bahwa ketertarikannya membuat Tesis ini adalah semata karena kecintaannya pada bidang sejarah, termasuk sejarah Politik di kota tercinta ini. "saya sangat senang dengan sejarah, apalagi sejarah yang satu ini, ingin saya abadikan dalam tulisan saya, agar tetap dapat dikenang sepanjang masa. "tuturnya sambil tersenyum.

KPU Tuban sebagai lembaga publik selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada siapapun pemohon informasi, sepanjang pemohon itu jelas identitas dirinya, tujuan, dan yang terpenting adalah bukan termasuk informasi yang dikecualikan. (Humas)