RUMAH PINTAR PEMILU (RPP) DALAM WAKTU DEKAT AKAN TERWUJUD


Selasa, 24 Januari 2017



Tuban, Impian KPU Tuban mempunyai Rumah Pintar Pemilu (RPP) dalam waktu dekat ini akan terwujud, seiring dengan turunnya surat KPU RI nomor 54/KPU/I/2017 tanggal 16 Januari 2017 perihal Pembentukan Rumah Pintar Permilu Tahun 2017. Dimana dalam surat edaran tersebut tahun 2017 ini KPU RI mencanangnya pembentukan RPP sebanyak 15 (lima belas) KPU Provinsi/KIP Aceh dan 273 (dua ratus tujuh puluh tiga) KPU/KIP Kabupaten/Kota se Indonesia yang merupakan Program Prioritas Nasional terkait pendidikan pemilih. "Alhamdulillah tahun ini kita dapat jatah pembentukan RPP, yang sudah lama kita impikan" ungkap Yayuk Dwi Agus, Divisi SDM dan Parmas dengan penuh bahagia.

Sebagaimana diketahui bahwa Rumah Pintar Pemilu didirikan bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang ingin mengetahui hal-hal mengenai Pemilu. Rumah Pintar Pemilu merupakan pusat informasi terkait kepemiluan dimana masyarakat dapat mencari tahu terkait sejarah kepemiluan, hasil-hasil pemilu dari masa ke masa, tata cara pemungutan dan penghitungan suara di TPS, dan masih banyak informasi lain yang diperlukan masayarakat, dengan harapan masyarakat semakin sadar akan pentingnya pemilu dan memberikan suara pada pelaksanaan pemilu.

Lebih lanjut Yayuk menjelaskan bahwa anggaran untuk pembentukan RPP ini sudah masuk dalam DIPA 2017, sehingga dalam waktu dekat ini KPU Tuban akan memulai merancang bentuk dan tempat RPP. "kita akan segera desain bentuk RPP sesuai dengan kemampuan anggaran, kita akan wujudkan seoptimal mungkin, agar RPP ini benar-benar dapat menjadi wahana Pendidikan Pemilih kepada masyarakat, komunitas, dan Pemilih Pemula. "Jelasnya penuh semangat.

Harapannya dengan adanya RPP ini akan meningkatkan pemahaman yang baik tentang pemilu, kita berharap bukan hanya dari sisi kuantitas yang meningkat namun juga dari sisi kualitas pemilu, ke depannya masyarakat akan lebih cerdas dalam memilih dan aktif memberikan suaranya pada Pemilu dan Pemilihan. (Yuk)