GUNA KELANCARAN PILKADES SERENTAK, KPU TUBAN FASILITASI PINJAM KOTAK DAN BILIK SUARA


Selasa, 22 November 2016

   Staf KPU Kab. Tuban; Budi Widarto menyerahkan kotak dan blik suara kepada Atholirohman; Ketua Panpilkades Desa Sukorejo Kec. Parengan.

Tuban, Dampak dari Pilkades serentak gelombang ke dua se-Kabupaten Tuban yang akan berlangsung 8 Desember 2016, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban kebanjiran Panitia Pilkades dari Kecamatan yang mengajukan surat permohonan pinjam pakai kotak dan bilik suara serta alat coblos yang masuk ke kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban. Ada 36 desa yang tersebar di 16 kecamatan melaksanakan Pilkades Serempak 8 Desember mendatang yakni di Kecamatan Rengel Pilkades dilaksanakan di Desa Rengel. Kecamatan Soko di Desa Bangunrejo, Desa Gunung Anyar, Desa Sandingrowo. Kecamatan Widang di Desa Simorejo, Desa Sumberjo, Desa Compreng. Kecamatan Plumpang di Desa Plumpang. Kecamatan Singgahan di Desa Tunggulrejo, Desa Lajo lor dan Desa Tanggir. Sedangkan Kecamatan Parengan di Desa Kemlaten, Desa Sukorejo, Desa Mergoasri.

Kecamatan Senori di Desa Katerban, Desa Rayung. Kecamatan Jatirogo di Desa Paseyan, Desa Wotsogo dan Desa Wangi. Kecamatan Bangilan di Desa Klakeh dan Desa Bangilan. Kecamatan Tambakboyo hanya di Desa Mander. Kecamatan Bancar di Desa Ngampelrejo, Desa Sukoharjo serta Desa Boncong. Kecamatan Kerek hanya di Desa Jarorejo. Kecamatan Jenu juga hanya di Desa Socorejo.

Sedangkan di wilayah Kecamatan Palang Pilkades dilaksanakan di Desa Palang, Desa Dawung, Desa Tegalbang, Desa Kradenan. Kecamatan Merakurak di Desa Kapu dan Desa Sumber. Sedangkan di Kecamatan Grabangan Pilkades dilakukan di Desa Ngawun, Desa Menyunyur serta Desa Banyubang.

Dari 16 kecamatan yang sudah mengajukan pinjam kotak dan bilik adalah kecamatan rengel pinjam 12 kotak suara dan 32 alat coblos (bantalan dan alat coblos), Kecamtan Singgahan, pinjam 4 kotak dan 8 bilik serta 8 alat coblos. " kami sengaja pinjam kotak suara dari KPU TUBAN karena standar keamanan terjamin dan kualitasnya udah teruji " kata Rudi Ermawan ketua panitia Pilkades Dari Kecamatan Rengel , sedangkan kecamatan parengan dan Merakurak masing masing pinjam 4 kotak dan 8 bilik suara.

"Memang bulan ini kita kebanjiran Panitia Pilkades dari Kecamatan yang akan menyelenggarakan Pilkades Serentak Se- Kabupaten Tuban untuk pinjam kotak dan bilik suara" kata Nur Hakim , Komisioner KPU Divisi Logistik. "ini adalah pilkades serentak ke dua maka jauh-jauh hari memang kita sudah mengantisipasi dan akan memfasilitasi pinjam kotak dan bilik suara guna kelancaran Pilkades serentak kali ini seperti yang terjadi pada pilkades serentak pertama pada 15 Juli 2013 lalu " Kasmuri Ketua KPU Kabupaten Tuban menambahkan. (Noor)