SATGAS PENYELENGGARAAN SPIP SEGERA DIBENTUK


Selasa, 08 November 2016

   Rapat Kerja Teknis SPIP yang diikuti KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur tanggal 03-04 November 2016 (sumber : kpujatim.go.id).

Tuban, Sebagaimana hasil Pleno Senin kemarin (7/11/2016) yang salah satu agenda penting adalah segera melaksanakan pembentukan Satgas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan KPU Tuban. Dimana SPIP ini merupakan proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimjnan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan asset Negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Dalam Peraturan KPU nomor 17 Tahun 2012 yang dimaksud Pengawasan Inetern seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efesien untuk kepentingan pimpinan dalam mewujudkan tata kepemerintahan yang baik.

Sehingga untuk menyelenggarakan SPIP tersebut perlu dibentuk Satuan Tugas (Satgas) dilingkungan Sekretariat KPU Kabupaten Tuban. Dimana dalam komposisi Satgas SPIP ini nantinya akan diisi oleh pejabat/pegawai dengan melibatkan sub bagian, dengan persyaratan : a. mempunyai integritas; b. berpendidikan paling rendah SMA/sederajat; c. sehat jasmani dan rohani. Sementara untuk pembinaan Satgas itu sendiri akan dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Dengan melihat begitu berat beban yang akan dijalankan oleh Satgas SPIP, maka dalam minggu ini jajaran Komisioner dan sekretaris akan selalu intens membahas dalam setiap hari, dengan mempertimbangkan segala kemampuan pegawai yang ada di secretariat KPU Tuban. "yang jelas minggu ini Satgas sudah terbentuk" pungkas Pak Kasmuri Ketua KPU Tuban. (Yuk)