PEMILU DAPAT DITUNDA DARI JADWAL SEMESTINYA JIKA...


Rabu, 02 November 2016

   Tampak Kasubbag Hukum KPU Tuban; Suratman, SH, MAP sedang menyampaikan materi dalam diskusi hari ini (02/11).

Tuban, "Dalam hal disuatu daerah pemilihan terjadi kerusuhan, gangguan keamanan, bencana alam, atau gangguan lainnya yang mengakibatkan seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu tidak dapat dilaksanakan, dilaksanakan pemilu susulan". Inilah bunyi undang-undang no 8 tahun 2012 pasal 231.

Menurut Fatkul Iksan, SH; Divisi hukum KPU Kabupaten Tuban, aturan ini yang menjadi dasar bahwa pemilu bisa saja dilaksanakan tidak sesua jadwal semestinya, dengan syarat jika memenui unsur sebagaimana dijelaskan dalam undang-undang tersebut, lebih lanjut pria asal kecamatan Soko ini menuturkan, aturan ini bertujuan sebagai antisipasi jika terjadi hal yang tidak terduga, "masalahnya negara kita Indonesia ini sangat mungkin terjadi bencana alam ketika berlangsung tahapan pemilu", kata pak Fatkul, sehingga aturan seperti ini sangat dibutuhkan.

Masih menurut pak Fatkul, jika terjadinya bencana hanya di sebagian daerah maka daerah yang bersangkutan saja yang dilaksanakan pemilu susulan dan jika gangguan tersebut terjadi di tengah tahapan maka setelah gangguannya selesai maka pemilu dulanjutkan mulai dari tahapan yang terhenti sehingga tidak perlu mengulang dari awal tahapan, terang pak Fatkul dalam diskusi raboan yang diselenggarakan rutin KPU Tuban. (Fiz)