PILKASIS PENUH WARNA ALA SMP NEGERI 5 TUBAN


Senin, 17 Oktober 2016



Tuban, Pagi ini suasana di halaman sekolah SMP Negeri 5 Tuban tampak beda dari hari-hari biasanya, ada pasangan siswa siswi yang dandan ala pasangan cung dan nduk yang duduk di kursi yang telah disediakan dipanggung yang dihiasi dengan pita dan foto-foto pasangan calon. Nampak disamping sebelah kanan panggung berjejer bilik suara dan kotak suara. Sementara siswa berjajar berbaris rapi di lapangan menghadap panggung dengan wajah penuh ceria. Itulah gambaran suasana sebelum dimulai apel persiapan tahapan Pilkasis di SMP Negeri 5 Tuban.


Tri Haryanto, S.P.d, M.Pd, kepala sekolah SMP Negeri 5 Tuban mengatakan bahwa sebagian kegiatan tahapan Pilkasis sudah mulai seminggu sebelumnya, pdan pada hari ini menyisakan tahapan krusial yang akan di gelar setelah apel hari ini. "Senin ini memang tidak ada upacara bendera, namun diganti dengan apel kesiapan pelaksanaan Pilkasis. "kata Pak Tri.

Lebih lanjut pak Tri mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah mewujudkan makna demokrasi dalam lingkup sekolah, atau dengan kata memberikan pembelajaran tentang demokrasi dan pemilu sejak dini pada anak-anak. "harapannya nanti anak-anak memahami makna demokrasi dengan benar, dan paham tentang tentang sistem pemilu" jelasnya.


Sebagaimana pantauan kegiatan di SMP Negeri 5 tadi pagi, sebelumnya dilaksanakan apel pagi dengan Pembina apel langsung oleh Kepala Sekolah, dilanjutnya pemateri oleh KPU Tuban yang disampaikan oleh Divisi SDM dan Parmas, Yayuk Dwi Agus Sulistiorini, dengan materi tentang Demokrasi dan pentingnya Pemilu, yang dirangkai dengan tahapan pemilu, serta proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS. "kami berikan materi ini, karena disamping anak-anak mengerti tentang demokrasi dan pemilu, harapannya anak-anak juga paham bagaimana tahapan pemilu itu. "ujar Yayuk.

Setelah selesai pemaparan dari KPU Tuban dilanjutkan tahapan Pilkasis yang sudah memasuki tahap kampanye, dimana kampanye yang dilaksanakan adalah kampanye dalam bentuk penyampaian visi dan misi pasangan calon, dilanjutkan dengan debat kandidat yang dipandu oleh moderator, dan terdapat panelis yang berjumlah 3 orang.


Yang menarik dari kegiatan ini adalah semangat anak-anak tingkat SMP dalam menjalankan tahapan Pilkasis ini begitu luar biasa, pasangan calon yang berjumlah tiga pasang, dengan menggunakan pakaian khusus model cung nduk Tuban dengan kelugasan mereka memaparkan visi misi di depan ratusan siswa lainnya. Dan dengan tegas pula mereka menjawab pertanyaan panelis dalam debat kandidat. Semuanya telah mencerminkan proses demokrasi yang baik dan benar. "Guru pembimbing hanya mendampingi dan mengarahkan saja, selebihnya mereka (panitia-red) yang mendesain dan merancang kegiatan ini, tentu dengan mengadopsi tahapan pemilu yang sebenarnya" pungkas Pak Tri dengan mimik bangga atas hasil kerja anak didiknya. (Yuk)