PROGRAM PENDIDIKAN PEMILIH BERKELANJUTAN DIGODOK DALAM PLENO PAGI INI


Senin, 03 Oktober 2016



Tuban, Pagi ini Senin (3/10/2016) Rapat pleno rutin KPU Tuban tampak sangat serius dan penuh dengan diskusi yang lumayan sengit. Selain bahasan tentang tindak lanjut entry Data D1, kajian rutin Reboan, tindak lanjut konsultasi terkait penghapusan logistik pemilu, pencermatan realisasi anggaran, dan yang paling menyedot waktu serta perhatian adalah penyusunan program pendidikan pemilih berkelanjutan.

Sebagaimana SE KPU RI Nomor 525/KPU/IX/2016 tanggal 21 September 2016 perihal Peningkatan Program Partisipasi Pemilih, dimana KPU RI menegaskan adanya kebutuhan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan mendorong pemilih yang cerdas melalui pendidikan pemilih secara intensif, massif, dan berkesinambungan kepada berbagai kelompok masyarakat, ormas, dan lembaga/instansi dengan tetap menjaga independensi KPU.

KPU Tuban dalam menindaklanjuti SE tersebut menggodoknya dalam pleno pagi tadi yang diikuti oleh semua Komisioner, sekretaris, para kasubag, dan bendahara. Dalam pleno telah diputuskan untuk melakukan pendidikan pemilih berkelanjutan dengan memprioritaskan pada segmen pemilih pemula dan pra pemilih. "segmen ini menjadi prioritas pertama, karena memang jumlah pemilih pemula dan pra pemilih lumayan besar mencapai 15% dari pemilih Kabupaten Tuban, jadi harus diprioritaskan, menyusul nanti kelompok masyarakat dan ormas" jelas Yayuk Dwi Agus S, Divisi SDM dan Parmas yang juga hadir dalam pleno tersebut.

Lebih lanjut Yayuk menjelaskan bahwa langkah pertama yang akan diambil, agar segera dapat menentukan sasaran/obyek kegiatan, dalam minggu ini akan diadakan rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan mengundang kepala sekolah SLTP dan SLTA. "insya Alloh Kamis (6/10/2016) kita undang kepala sekolahnya untuk kita ajak koordinasi dan menyusun jadwal kegiatan serta bentuk kegiatannya. Agar segera tersusun jadwal sebagaimana diharapkan oleh KPU RI, dan yang harus dilaporkan berjenjang. "jelas Yayuk.

Bentuk kegiatan yang rencananya ditawarkan pihak sekolah antara lain : menjadi Pembina upacara pada upacara bendera hari Senin, simulai pemungutan dan penghitungan suara, pendampingan pelaksanaan pilkasis, dan kelas pemilu. "program ini akan kita laksanakan secara berkelanjutan, dan menjadi skala prioritas kami, "imbuh Yayuk.

Program pendidikan pemilih ini tidak terbatas hanya untuk sekolah dan universitas saja, akan tetapi kelompok masyarakat dan ormas yang sekiranya peduli terhadap pemilu dan ingin belajar lebih banyak tentang kepemiluan dan demokrasi dapat memberikan informasi melalui sekretariat KPU Tuban Jalan Pramuka Nomor 3 Tuban, telepon (0356)320403. "kami siap memfasilitasi. "pungkas Yayuk. (Yuk)