PEMUNGUTAN SUARA DI UNIROW LANCAR DAN KONDUSIF


Kamis, 22 September 2016



Tuban, Hari ini Kamis (22/9/2016) telah berlangsung pemungutan suara untuk memilih Presiden BEM Universitas PGRI Ronggolawe Tuban (Unirow) yang bertempat di Gedung C Unirow Jalan Manunggal. Pemungutan suara yang dilaksanakan dalam 1 TPS tidak menyulitkan bagi pemilih untuk menggunakan hak pilihnya karena semua sarana dan prasarana telah disiapkan sedemikian rupa oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) termasuk petugas KPPS.

Suasana di TPS ini menyerupai TPS sebenarnya yang dibuat oleh KPU dimana jumlah petugas KPPS yang terdiri dari 7 orang tampak rapi semua berseragam putih hitam, dan duduk dikursi yang disediakan, dua petugas keamanan berada dipintu masuk dan pintu keluar. Saksi calon dan panwas juga tampak serius mengikuti proses pemungutan suara. Sementara pemilih pun juga mengikuti aturan yang diterapkan, yakni setelah mendaftarkan kehadiran di Meja KPPS 4 dengan menunjukkan surat pemberitahuan, juga mau duduk di kursi antrian sambil menunggu panggilan Ketua KPPS.

Yayuk Dwi Agus Sulistiorini, Divisi SDM dan Parmas KPU Tuban, menyatakan sangat memberi apresiasi kepada segenap civitas akademika Unirow Tuban yang telah mampu mencetak mahasiswanya menjadi generasi yang peduli terhadap Demokrasi dan Pemilu. "hal ini telah dibuktikan dengan adanya pelaksanaan Pemilihan Presiden BEM melalui proses Pemilu yang benar-benar melalui tahapan yang mirip dengan Pemilu sebenarnya, dan KPU Tuban selalu siap memfasilitasi baik logistik maupun pendampingan tahapan" jelas Yayuk.


Ditemui sesaat setelah memberikan hak suaranya Siti Nurun Nisail M Sekretaris KPUM Unirow mengatakan bahwa proses pemilihan Presiden BEM ini merupakan gawe besar KPUM yang harus berjalan dengan sukses. "harapan kami selaku penyelenggara pemilu di Unirow adalah terpilihnya Presiden BEM sesuai kehendak mahasiswa, melalui pemilu yang jujur dan adil, tanpa ada money politik, kita selaku mahasiswa harus memberi contoh yang baik, "ujarnya.

Lebih lanjut Nisa, demikian panggilan akrapnya menjelaskan bahwa dengan jumlah DPTM (Daftar Pemilih Tetap Mahasiswa) sejumlah 4.808 yang hari ini akan menggunakan hak pilihnya sampai dengan batas waktu pukul 17.00 Wib. Dan nanti tepat pukul 18.00 Wib akan dilakukan penghitungan suara, untuk menetapkan hasil pemilu siapa calon terpilihnya. "rangkaian pemilu ini kita selesaikan hari ini juga meskipun sampai malam hari" tegasnya.

Ditempat terpisah, Andi Nurohmad Ketua KPUM ketika ditanya bagaimana dengan target partisipasi pemilihnya, dia menjawab dengan diplomatis bahwa "pemilu-pemilu sebelumnya yang pernah dilakukan di Unirow belum pernah ada yang mencapai angka 50%, sehingga pemilu kali ini saya tidak berani mematok angka terlalu tinggi, namun minimal harus diatas 50%. "ujarnya penuh semangat. (Yuk)