PENDAFTARAN CALON ANGGOTA DPR DAN DPRD, HARUS PENUHI KUOTA PEREMPUAN 30%


Rabu, 14 September 2016



Tuban, Kajian rutin Reboan KPU Tuban (14/09/2016) pembahasan Undang-Undang No 8 tahun 2012 memasuki bab syarat pendaftaran calon anggota DPR dan DPRD, sebagaimana biasa acara tersebut diikuti oleh komisioner, sekretaris, kasubag dan staf KPU setempat.

Dalam penyampaiannya Fatkul Iksan,SH. Anggota KPU divisi hukum tersebut memaparkan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para calon anggota legislatif, lebih lanjut Fatkul menjelaskan, partai politik dalam mendaftarkan calonnya harus memenuhi kuota perempuan minimal 30 persen dari calon yang didaftarkan,"dari tiga calon legislatif harus ada satu calon yang perempuan, 2 laki-laki dan 1 perempuan" kata Fatkul.

Sementara itu para peserta diskusi ada yang bertanya, bagaimana jika ada parpol yang mendaftarkan calon tapi perempuannya kurang dari 30 persen? menurut Salamun,SE. Divisi teknis penyelenggara, jika ada parpol yang mendaftarkan calon legislatif dan kuota perempuannya kurang dari ketentuan yang berlaku maka berkas pendaftarannya akan dikembalikan kepada parpol untuk diperbaiki, "tandasnya. (Fiz)